Tentang Flora dan Fauna Tentang Flora dan Fauna
Home » Tanaman Obat » Beberapa Jenis Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

Beberapa Jenis Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

Saturday, September 28th 2013. | Tanaman Obat

Begitu  banyak Beberapa Jenis Tanaman Herbal Dan Khasiatnya yang ada di sekitar rumah kita, yang bisa kita gunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Seperti bebepa jenis tanaman dan khasiat nya yang saya akan bahas di kesempatan kali ini.

Jenis Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

- Daun Seribu

DaunSeribu

Yang digunakan dari tanaman ini  adalah daunnya, dimana daunnya ini di yakini bisa mengobati penyakit seperti: mengobati rasa nyeri waktu datang bulan, gangguan syarap, dan sakit perut. Caranya pembuatan nya adalah: dengan merebus daun nya lalu airnya diminum.

Sementara utuk gangguan syarap, cara penyajian nya adalah: siapkan daun Seribu kering kira-kira 30 grm, lalu Air 2 gelas,  Daunnya direbus hingga cairannya tinggal 1 gelas, Diminum setiap satu jam.

Kalau untuk gangguan pencernaan, siapkan daun Seribu ditumbuk halus 1 sendok makan, Madu 1 sendok makan, Keduanya diaduk menjadi satu, Sehari minum 3 kali, masing-masing 1 cangkir. Untuk gangguan pencernaan di anjurkan setiap hari hendaknya makan buah pepaya.

- Lidah buaya

Aloe Vera

Tanaman lidah buaya di percaya bisa Membantu Penurunan Berat Badan, Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang terdapat dalam lidah buaya akan membantu proses pembakaran lemak yang berlebihan dalam tubuh. Mengkonsumsi konsumsi lidah buaya secara rutin akan meningkatkan ketersediaan Vitamin B12 dan vitamin serupa lainnya yang diperlukan dalam metabolism tubuh kita, sehingga penggunaan energy tubuh lebih efisien.

Serat Hemiselulose yang terdapat dalam lidah buaya ini memiliki tekstur seperti gel yang akan membantu pergerakan pada usus untuk membuang semua racun dan zat-zat tidak berguna, serta melicinkan jalan keluarnya kotoran. Sehingga ketika buang air besar menjadi teratur dan akan meningkatkan kesehatan secara umumnya.

Lidah buaya juga dapat Mengatasi Penyakit Jantung,Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi lidah buaya juga berpengaruh terhadap akumulasi lipid darah yang terkait dengan penyakit. Dan hasilnya lidah buaya menunjukkan penurunan jumlah kolesterol darah, trigliserida, dan fosfolipid.

Sebuah penelitian lainnya menunjukkan bahwa pemberian 10 ml atau 20 ml lidah buaya secara oral setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol total sekitar 15%, Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol sekitar 18%, dan trigliserida sekitar 25% sampai 30% pada orang hyperlipidemia.

- Bunga Matahari

Bunga Matahari

Khasiat dari tanaman bunga matahari adalah sebagai antipiretik, hipotensif, menurunkan tekanan darah, analgetik, nyeri haid, nyeri lambung, sakit kepala, sakit gigi, sakit perut, tekanan darah tinggi, radang payudara, radang persendian, mencegah penuaan dini, dan sulit melahirkan.

Semantara khasiat dari akar bunga matahari ini adalah: analgesik, antitusif, diuretic, batuk, batu ginjal, bronkhitis, keputihan, anti radang, peluruh air seni, pereda batuk, dan menghilangkan nyeri.

Dan dari Daun nya yaitu : Anti inflamasi, analgesik, antipiretik, anti radang, mengurangi rasa nyeri, dan anti malaria.

Kalau dari Bijinya yaitu : Anti dysentery, membangkitkan nafsu makan, lesu, sakit kepala, , disenteri berdarah, merangsang pengeluaran cairan tubuh, dan merangsang pengeluaran campak.

Dari Sumsum batang dan dasar bunga nya memiliki khasiat : untuk Merangsang energi vital, menenangkan liver, merangsang pengeluaran air kemih, menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kemih, nyeri lambung, air kemih bedarah, ari kemih berlemak, kanker lambung, dan kanker.

- Tapak Dara

Tapak Dara

Yang di gunakan dari tanaman yang satu ini adalah bunga dan daunnya yang memiliki khasiat obat untuk obat tekanan darah tinggi, yaitu dengan Cara Direbus lalu airnya diminum, kemudian Diabetes, dan cara penyajian yaitu: siapkan Lima lembar daun tapak dara diseduh dengan satu gelas air mendidih. Diamkan hingga dingin. Kemudian minum, Hipertensi, dan caranya: siapkan Daun tapak dara kering sebanyak 6-15 gram kemudian di rebus, lalu Setelah dingin, minum. Leukemia, dengan cara: Rebus lima gelas air dengan 15 gram tanaman tapak dara yang telah dicuci bersih, hingga tersisa 1-2 gelas. Setelah dingin, saring ramuan dan minum beberapa kali hingga habis dalam satu hari. Bisa juga mengobati Luka baru, yaitu dengan cara: siapkan Lima lembar daun tapak dara, tumbuk hingga halus, lalu Tempelkan pada luka baru tersebut. Terus bisa juga mengobati sakit Bisul atau bengkak, dan caranya: Tumbuk hingga halus satu genggam daun tapak dara. kemudian Tempelkan pada bagian yang bengkak atau bisul.

- Keji Beling

keji-beling

Keji beling biasa di gunakan sebagai pagar halam rumah tempo dulu, tanaman ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaan dari tanaman ini, selain untuk pagar, tanaman ini di yakini sejak dulu sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol,

Tanaman ini dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, yaitu dengan cara: mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal. Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari. Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur.

Itulah Beberapa Jenis Tanaman Herbal Dan Khasiatnya yang ada banyak di sekitar rumah kita, semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu anda.

Cat : Tanaman Obat, tags: , ,

Comment For Beberapa Jenis Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

Related Post

Latest